Basket Menunjang Masa Depan & Karir Gue

Pernah gue ceritakan dalam tulisan blog gue beberapa waktu yang lalu mengenai pengalaman gue di basket dan kontribusi basket untuk masa depan & karir gue saat ini.  Selain bermusik dalam genre “Rap/HipHop”, gue saat ini bekerja di bidang pelatihan QHSE (Quality, Health, Safety, Environment) dalam industri Minyak & Gas.  Yang gue katakan ’pengalaman di basket’, gue artikan sebagai pengalaman gue berkarir di liga basket indonesia tertinggi selama 10 tahun dan tidak hanya sebatas bermain bola basket sebagai hobi.

Cerita singkat, gue mulai berkarir di liga basket Indonesia dari tahun 1998 sampai pensiun tahun 2008 kemarin dengan penggantian nama liga basket mulai dari Kobatama, IBL, NBL dan 2017 kembali menjadi IBL. Gue pernah membela tim Indonesia Muda, Garuda, Kalila & Pelita Jaya. Dalam pengalaman gue berkarir di liga basket Indonesia, gue mendefinisikan ”Basket Menunjang Masa Depan Gue & Karir Gue Saat Ini” melalui Modal yang gue terima selama berkarir di dunia basket. Modal tersebut adalah modal secara finansial, relasi/network, kesehatan, pendidikan dan untuk membangun soft-skills. Modal-modal ini adalah fondasi untuk masa depan gue dan karir gue saat ini. Penjelasannya sebagai berikut:

Modal :

– Modal secara finansial (terima gaji,uang kontrak, tunjangan lainnya) : Dari sini gue mendapatkan kesempatan dari berbagai arah untuk mengumpulkan uang untuk semua kebutuhan gue. Mulai dari gaji bulanan, sponsorship, endorsements, uang kontrak, bonus, & tunjangan lainnya dalam bentuk kas. Jadi kalau kita sudah berkarir di basket, sudah sama seperti pekerja kantoran. Saat ini basket indonesia sudah bisa dibilang karir yang menjanjikan untuk masa depan dalam hubungan finansial.

– Modal relasi / network (bisa ketemu & berkenalan dengan banyak orang) : Dengan kita menjadi pemain basket sebagai pilihan karir, banyak sekali kesempatan kita bertemu dengan banyak orang dalam berbagai macam bidang; mulai dari pengusaha-penghusaha besar, pejabat2 negara & key persons dalam korporat, dsb. Kita juga bisa membina networking kita untuk membangun fondasi network ke depan.

– Modal kesehatan (kesehatan menjaga badan, fisik & membiasakan rutinitas olahraga dalam hidup kita yg singkat ini) : Dengan kita berolahraga & berkarir di basket, kita secara otomatis akan menjaga kesehatan kita secara fisik & akan menunjang kesehatan secara mental juga. Dari sini adalah basis untuk menjadikan kesehatan menjadi faktor penting dalam kehidupan kita ke depan.

– Modal pendidikan (Pendidikan) : Selama gue bermain basket, pendidikan gue selalu ditanggung oleh tim gue. Mulai dari ditawarkan beasiswa SMA sampai S2 sekarang ini, tim gue selalu menawarkan tunjangan ini demi masa depan gue. Modal pendidikan juga bukan semua dalam bentuk sekolah tapi juga pelajaran yang kita bisa dapatkan dari pengalaman-pengalaman pelatih kita, manajer & owner tim. Banyak sekali pelajaran yang gue dapatkan dari banyak berbincang2 dengan pelatih, manajer & owner tim.

– Modal untuk membangun soft-skills (last but not least) : Yang terakhir ini, gue bisa katakan adalah modal yang sangat penting untuk masa depan & karir gue saat ini karena akan digunakan sampai kita tua hehe.. Selain dari hal2-teknis di basket sebagai bagaimana menjadi pemain yang baik dalam skill bermain, kondisi fisik, dll, kita di basket secara otomatis akan membangun soft-skill dalam banyak hal-hal non-teknis yang kita ketemui dalam karir di basket. Dari pengalaman di basket banyak soft skills gue yang dibentuk; 26 contoh sebagai berikut:

1. Bagaimana mengelola diri sendiri & mengenali diri sendiri;
2. Sikap/Attitude terhadap professionalisme kita dalam bekerja; datang tepat waktu, keseriusan dalam latihan (bekerja), dll..
3. Bagaimana menyikapi kritikan
4. Bagaimana kita bersaing secara sehat di dalam tim (tempat kerja)
5. Mengatur waktu diantara latihan & kegiatan diluar latihan
6. Pantang menyerah; Bermental baja, Bertahan mental dalam bekerja
7. Bagaimana mendidik diri sendiri
8. Bergaul dalam tim / tempat kita bekerja & diluar kegiatan tim dengan masyarakat luar
9. Menyikapi pergaulan bebas & dunia malam
10. Percaya diri
11. Mengelola keuangan
12. Pentingnya pendidikan & menunjang pendidikan dengan kerajinan untuk membaca buku
13. Membaca kontrak & pahami artinya klause-klause di dalam kontrak
14. Merencanakan karir & menanamkan diri untuk membiasakan diri untuk berencana
15. Mencari peluang diluar basket / tempat kita bekerja; endorsement deals, business,dll
16. Menghindari gossip negatif dalam tim / tempat kita bekerja
17. Menghadapi masalah pribadi vs. Masalah kerjaan
18. Menjaga hubungan dengan atasan (coach)
19. Bagaimana mendapatkan posisi & trust di dalam tim / tempat kita bekerja
20. Untuk mencari sumber dari masalah, mempertanyakan kenapa 7 kali
21. Beriman untuk mengimbangi jiwa
22. How to be a leader
23. Hilangkan sikap omdo (omong doang) & lebih action-oriented
24. Mengambil keputusan untuk berani gagal
25. Berani bicara kalau ada masalah; berani untuk bicara, jangan dipendam
26. Berpatut kepada komitmen

In conclusion, gue sangat berterima kasih kepada olahraga bola basket yang menjadikan gue seperti sekarang. Sekali lagi, semua modal yang gue terima di basket adalah modal yang sangat penting untuk menunjang masa depan & karir gue saat ini. Loe berkarir di bidang apapun, loe bisa sukses asal setiap hari loe selalu mencari pelajaran yang berharga & berguna dalam sehari-sehari saat loe bekerja/sekolah dibandingkan mengeluh & komplain terhadap hidup loe..hehe.. Basket menunjang masa depan gue & karir gue saat ini. Terima kasih Basket!  Salam olahraga & hip hop.

-Herdian Mohammad (Herdi)

This entry was posted in Ordinary and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *