Juli 2010

business-victoryAkhirnya hampir selesai juga kuliah gue.  Mulai Juli tahun 2008 kemarin, gue mulai perjalanan untuk meraih gelar S2 di IPMI Business School (www.ipmi.ac.id) yang dikatakan sebagai Magister Manajemen atau kalo diluar negeri disebutnya MBA (Master Of Business Administration).  2 tahun lewat begitu saja sekarang tantangannya adalah; “Mo ngapain gue sekarang?” hehehe

Well, yg pertama adalah menjalankan rutinitas gue di kantor & musik. Itu aja dulu.  Serasa udh lama banget, tapi baru saja 2 tahun yg lalu gue pensiun dari Liga Basket Indonesia bergengsi IBL yg sekarang berubah jadi NBL.  Selama 10 tahun karir gw di Liga Basket Indonesia – mulai dari Kobatama, berubah ke IBL & skrng NBL, banyak sekali pengalaman gue mulai dari networking & membangun ‘soft skills’ untuk gw bawa ke masa-masa setelah pensiun sebagai atlet.  Mungkin di lain waktu gue bisa ceritakan secara detil apa saja yg gue dapat dari dunia basket di Indonesia; tapi intinya adalah gue mendapatkan kesempatan untuk meneruskan pendidikan gue setinggi mungkin, kesempatan untuk menabung secara finansial, membangun soft skill (kepemimpinan, kedisiplinan, keberanian, sportivitas, komunikasi, mengelola sesama tim di lap, dll) dan menambahkan relasi & network.  Menurut gue empat hal ini adalah fondasi kuat buat masa depan kita semua.  Jadi gue kasih saran bagi orang tua yg belum percaya apakah basket di indonesia bisa memberikan apa; Kalo dilihat dari 4 hal yang gue sebut tadi, masa depan anak anda akan terbentuk secara positif. Trust me.  I am one of the many examples.

Yg kedua; Berdasarkan dari hasil riset, ternyata lebih dari 75% pengunjung gue ke blog gue ini, www.herdioflo.com, dateng dari Indonesia. Wow, ternyata banyak juga yah. Padahal tujuan gue bikin blog ini adalah untuk memberikan update kecil2an kepada temen2 gue diluar.  Tapi berhubungan data yg bicara, gue akan merubah semua tulisan gue dalam bahasa Indonesia.  Semoga temen2 bisa menikmati perjalan gue dalam hidup ini dan juga bisa kenal gue lebih deket dari sebelumnya.

sunsetYg ketiga; blog ini akan gue juga jadiin tempat untuk mengupdate perjalanan gue dibidang musik atau lebih spesifik lagi; dunia rap & hip hop di Indonesia. Cerita singkat; sebenernya gue mulai terjun ke hip hop di Indonesia mulai dari tahun 2000 tapi berhubung saat itu gw masih sangat aktif di dunia basket nasional, gw hanya bisa sambil lalu saja jalanin hiphop.  Baru mulai tahun 2002 gw mulai pelan-pelan serius ke musik. Mulai tahun itu gue suka bikin lagu2 kecil2an sebagai demo utk gue pasang di internet & akhirnya tahun 2003 gue ketemu dengan produser berasal dari Amerika yg bernama Marcus Williams.  Kebetulan beliau berada di Bali & gue terbang ke bali untuk bikin 10 lagu yg akan dipasarkan diluar Indonesia.  Marcus yg kasih nama ke gue, HerdiOflo; artinya Herdian of flows; jadi kalo gue ngerap mengalir seperti air.. hehe.. itu kata dia lho.. hehe.. jadi gue terima & sangat berterima kasih udh kasih gue nama. Dan abis itu, melalui Freestyle basket Indonesia dari tahun 2003-2005 gue sangat aktif dengan tim Freestyle Basket Indonesia & tim ini yg memberikan gue kesempatan untuk menjadi opening rap & juga memperlihatkan talenta tim ini untuk show-show dalam berbagai macam acara termasuk pensi, acara basket, dll.  Freestyle Basket Indonesia di pimpin oleh Bang Jul Khaerudin. Setelah itu gue & temen-temen bentuk perkumpulan kecil bernama ‘HollaBack Family’ dari beberapa rapper & penyanyi dimana kita lebih fokus untuk mengeluarkan lagu-lagu mixtape; atau lebih jelas, kita pake musik-musik orang untuk bikin lagu;  kita suka download musik-musik orang & bikin lagu dari itu.  Mixtape sangat populer diluar negeri karena dulu susah sekali rapper mendapatkan beat/musik maka untuk “showoff” skill mereka ngerap, mereka bisa flow & berima diatas musik itu. Sekarang ini mulai marak2nya karya-karya mixtape online & pasaran karena  lebih banyak orang mendapatkan akses online/internet dengan mudah.  Berawal dari situ gue sering manggung-manggung & bikin lagu kalo lagi ga basket, sampai terakhir gue pensiun dari basket indonesia tahun 2008.   Tapi tetep aja menurut gue ga maksimal kalo loe jadi atlet dan juga ingin menjadi rapper berbarengan. Dari pengalaman gue harus memprioritaskan salah satu. Saat itu gue mengutamakan basket.

Dari pengalaman gue sebagai atlet+musisi, atlet diutamakan harus perform dilapangan dengan kondisi fisik & pikiran secara maksimal. Disamping harus banyak latihan & juga harus banyak istirahat, untuk menjaga kondisi badan adalah faktor penting untu memaksimalkan performa mereka dilapangan.  Jadi ga mungkin loe latihan pagi-sore dilapangan, fitness & track dan malamnya loe ke studio sampe pagi untuk rekaman & berkarya atau manggung.  Itu kenapa gue bilang sangat sulit untuk jalanin dua2nya secara professional. Gue dulu terinspirasi sama Shaquille O’neal tahun 90’an-2000’an waktu dia rajin keluarin album rap sambil jalanin profesi sebagai atlet di NBA. Shaquille memang orang hebat bisa jalanin dua2nya secara konsisten.

image010Mungkin kondisinya berbeda sekarang gw sebagai pegawai kantor dengan mulai kerja jam 8 sampe jam 5 sore. Sekarang bukan jadi faktor utama untuk jaga badan & kondisi fisik ; walaupun tetep harus istirahat, tapi tidak akan pengaruh besar kalo gue kerja kantor lalu malamnya gue begadang di studio atau manggung. Paginya gue bisa tetep fresh di kantor. Dan weekend pun gue juga bisa pake waktunya untuk berkarya.

Ok sekian dulu.  Bentar lagi gue mo keluarin Mixtape & Video clip baru.  Stay tuned yah..  Terima kasih

This entry was posted in Ordinary. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *